Senin, 16 Desember 2013

Air Mineral, Minuman Yang Bermanfaat Bagi Tubuh Kita

Kali ini aku akan membahas tentang air mineral atau yang biasa dikenal air putih. Memang artikel tentang "Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh Kita" jumlahnya sangat banyak ketika kita search di google, tapi tidak ada salahnya untuk membahasa tentang manfaat air mineral.

Seringkali kita mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas atau sekitar 2 - 2,5 liter per hari. Anjuran tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat ada banyak manfaat yang terkandung pada air mineral yang dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang kita tahu air mineral atau air putih adalah jenis air biasa yang berwarna bening tidak memiliki rasa serta bau, bisa diminum setelah dimasak. Tujuan utama memasak air minum adalah membunuh dan membersihkan kuman, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit sehingga merugikan tubuh.

Tubuh kita sangat memerlukan asupan cairan dengan jumlah yang tepat, jika kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Oleh karena itu, air sebagai sumber cairan yang sangat penting serta sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Setidaknya, jumlah minimal air putih yang harus dikonsumsi setiap hari adalah kurang lebih delapan gelas. Tetapi kembali kepada kebutuhan masing - masing orang.


Manfaat meminum air putih bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

Membantu proses pencernaan dalam tubuh manusia
Air mineral membantu melarutkan makanan, vitamin dan mineral yang berguna dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi air mineral dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga kita akan terhindar dari masalah - masalah pencernaan seperti maag atau sembelit.

Mineral yang terkandung pada air mineral seperti klorida dan bikarbonat sangat penting dalam membantu pencernaan serta menyeimbangkan keadaan asam lambung dan usus. Karena itu, air mineral membantu dalam optimasi manfaat yang diperoleh tubuh melalui makanan dengan pencernaan yang efektif sehingga nutrisi makanan dapat diekstrasi dengan benar. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh anda terpenuhi, maka anda akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi.

Batu ginjal sebenarnya disebabkan karena garam dan garam itu menurut teori larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar dengan air seni. Air putih merupakan salah satu perantara yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi air putih secukupnya, maka kita bisa membantu mempermudah sistem pencernaan dan tentunya tidak membebani kerja usus.

Susah buang air besar atau yang sering kita sebut sembelit, bisa terjadi karena kita kurang mengkonsumsi air mineral, sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh tak terpenuhi, dengan minum air putih / mineral dalam porsi yang pas bisa menghindarkan kita dair penyakit susah buang air besar atau sembelit.


Menjadi pelumas untuk sendi sehingga mencegah artritis dan nyeri punggung

Membantu detoksifikasi tubuh
Membersihkan racun dari semua bagian tubuh kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang. Racun yang mengendap pada bagian pencernaan, khususnya limpa, hati dan ginjal bisa dibuang dengan mengkonsumsi air mineral secara teratur dalam jumlah yang tepat. Cairan yang cukup pada ginjal dan hati, maka organ tersebut akan dapat bekerja lebih optimal. Dengan mengkonsumsi air putih sesuai takaran perhari, maka racun yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine dan keringat.


Membantu mengurangi stress, rasa cemas, dan depresi yang sedang anda alami

Menjaga kelembaban kulit
Saat kekurangan cairan, tubuh akan menyerap kandungan air dari dalam kulit sehingga kulit menjadi kering, kusam serta akan mulai nampak garis - garis kerutan. Mengkonsumsi air mineral tidak hanya menjaga kelembaban kulit saja, tetapi juga membuang racun dalam tubuh sehingga kulit senantiasa terjaga kesehatannya dan menghidrasi sel - sel kulit, mengangkat kotoran serta meningkatkan sirkulasi dan aliran darah.

Sehingga kulit menjadi lebih segar dan cerah sepanjang hari serta membantu mengurangi efek penuaan dengan mempercepat proses pergantian sel kulit, sehingga dengan minum air putih bisa membuat kita awet muda.

Memberikan energi kepada otak
Energi diberikan kepada otak dalam menjalankan fungsinya seperti berfikir. Kegiatan seharian pasti membuah tubuh kelelahan, hal ini bisa disebabkan oleh dehidrasi. Minum satu atau dua gelas air mineral dapat membantu mejaga kesegaran di tengah aktivitas.

Membantu mengencerkan darah
Dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu proses sirkulasi darah dalam mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah ketika beredar ke seluruh bagian tubuh.

Mencegah Impotensi
Mencegah masalah impotensi karena dehidrasi dapat menghambat proses produksi hormon seks.

Menjaga suhu tubuh
Air putih dapat menjaga suhu dalam tubuh, air putih sangat berperan penting untuk menjaga suhu tubuh seseorang, kekurangan mengkonsumsi air putih bisa mengakibatkan tubuh kita kehilangan kendala dalam fungsi tubuh.

Menjaga kekebalan tubuh
Dengan mengkonsumsi tubuh air putih ternyata bisa meningkatkan sistem kerja metabolisme tubuh seseorang, secara umum juga sistem metabolisme tubuh dalam keadaan yang baik - baik saja maka secara otomatis, sistem kekebalan tubuh juga akan berjalan normal.

Mengurangi efek mual
Bagi ibu hamil, air putih berguna untuk membantu mengurangi mual di pagi hari akibat kehamilan. Bukan cuma untuk ibu hamil, tapi bagi orang yang sedang mual, dengan mengkonsumsi air putih juga dapat membantu mengurangi efek mual.


Menjaga keseimbangan tubuh
Karena sebagian besar tubuh manusia tersusun dari air. fungsi air adalah untuk membantu proses pencernaan, penyerapan sari makanan, sirkulasi darah dalam tubuh, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang keluar dan masuk dalam tubuh. Rasa haus merupakan mekanisme yang normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh.


Untuk menurunkan berat badan
Fungsi yang satu ini pasti diinginkan oleh kebanyakan orang, yaitu menurunkan berat badan. Seperti yang kita tahu, saat ini masalah berat badan menjadi salah satu masalah kebanyakan orang, dengan membiasakan diri untuk minum air mineral dapat membantu proses pencernaan, sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan, tapi yang paling penting dalam menurunkan berat badan harus ditunjang dengan olahraga yang cukup dan menjaga pola makanan.

Ketika kita merasa lapar, tapi jika tidak ingin makan karena sedang berdiet guna menurunkan berat badan, dengan meminum air hangat dapat membantu kita mencegah rasa lapar sehingga kita tidak akan tergiur untuk ngemill, yang merupakan salah satu faktor penunjang dalam menambah berat badan.

Sudahkah anda minum air putih hari ini?

Yakinkah anda bahwa kebutuhan air mineral anda hari ini telah terpenuhi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar